Tuesday, October 17, 2017

Lowongan dibandara masih jadi primadona


LOWONGAN DIBANDARA
Mendengar kata ‘kerja di bandara’ orang pasti langsung berpikir tempat parkir pesawat, atau bahkan pilot. Padahal sebenarnya di bandara juga banyak profesi lain untuk membantu pesawat agar terbang sesuai jadwal dan tujuan.
Sebagian besar profesi di bandara juga memberikan kompensasi yang cukup mengiurkan, sehingga bisa jadi pilihan bagi Anda yang ingin berkarir di dunia penerbangan.
Tim Qerja mengumpulkan beberapa profesi menarik berikut ini yang bisa kita temukan di bandara. Baca juga syarat pendaftaran diklat graound staff 
1. Pilot
Ini adalah profesi yang paling digandrungi di dunia penerbangan. Selain bergaji besar, pilot memiliki kemampuan menerbangkan pesawat yang tidak dimiliki semua orang. Pilot yang berpengalaman memiliki jam terbang yang tinggi dan dibayar cukup mahal.
Pilot menempuh pendidikan di sekolah penerbangan. Setelah lulus, dia akan mengambil sertifikasi terbang (pilot license) dengan mengikuti ujian terbang yang diadakan otoritas penerbangan. Selama menjalankan penerbangan, pilot juga dibantu oleh co-pilot (first officer).
2. Pramugari atau Flight Attendant
Profesi ini tak hanya didominasi oleh perempuan karena banyak juga pemandu penerbangan pria. Mereka bertugas membantu pilot mendampingi penumpang selama perjalanan.
Tak hanya membagikan makanan dan minuman serta melayani berbagai permintaan penumpang, flight Attendant juga berkewajiban membuat para penumpang merasa nyaman dan aman selama penerbangan. 
Mereka bertugas mengajari apa yang harus dilakukan dalam kondisi darurat, dan memandu penumpang saat keadaan darurat tersebut terjadi. Maka dari itu mereka harus terlebih dulu mengikuti berbagai pelatihan untuk pertolongan pertama.
3. Marshaller
Saat pesawat mendarat di landasan pacu, seorang marshaller akan memberikan petunjuk kepada pilot untuk memarkirkan pesawatnya. Ketepatan dan keakuratan memberikan tanda adalah tanggung jawabnya. Apalagi badan pesawat yang besar membutuhkan keahlian dan kehati-hatian untuk memarkirnya di bandara.
Tidak mudah menjadi pemandu parkir pesawat, karenanya marshaller membutuhkan pendidikan khusus. Juga ada tes tulis dan tes fisik untuk mendapatkan aircraft marshalling licesce yang dikeluarkan otoritas penerbangan sipil di Indonesia. Lisensi ini pun hanya berlaku selama dua tahun dan harus terus diperpanjang.
4. Flight Operation Officer (FOO) 
Profesi ini lebih dikenal dengan nama “The Captain On Ground” alias pilot darat. Di samping harus memiliki lisensi, pilot darat juga memiliki tugas mengoperasikan pesawat udara dan mengatur penerbangan dari darat.
Bisa dibilang tugas FOO ini lumayan berat, karena mereka harus menghitung performance pesawat, menghitung keseimbangan pesawat (central of gravity), dan mendapatkan pembakaran bahan bakar yang paling ekonomis. FOO juga harus bisa menganalisis cuaca di bandara keberangkatan dan bandara tujuan. 
5. Air Traffic Controller (ATC) 
Profesi ini mengatur lalu lintas pesawat di udara dan memastikan pesawat tidak terbang terlalu dekat sehingga bertabrakan. Petugas ATC memperhatikan pergerakan pesawat dengan menggunakan radar, lalu akan memberikan informasi atau instruksi kepada pilot melalui komunikasi suara maupun data keadaan lalu lintas udara.
Untuk menjadi petugas ATC, seseorang harus mengikuti pendidikan khusus di lembaga yang ada di bawah naungan kementerian perhubungan, misalnya Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug, Tangerang. Kerja ATC yang lumayan berat menyebabkan gaji mereka lumayan tinggi, malah ada yang mendapatkan 21 kali gaji setahunnya .
6. Aircraft Maintenance Engineer (AME) 
Profesi ini memiliki tanggung jawab menjaga status airworthinees (kelayakan terbang) suatu pesawat. AME adalah satu-satunya petugas yang berwenang menyatakan apakah pesawat tersebut telah siap dan bisa diterbangkan. Apabila terjadi kerusakan atau permasalahan di tubuh atau mesin pesawat, maka seorang AME lah yang bertanggung jawab menyelesaikan permasalahan tersebut.
Seorang AME bekerja berdasarkan dokumen resmi dan akan mencatat semua hal yang ada di pesawat di aircraft maintenance log book. Bahkan seorang pilot dan petinggi airlines pun harus patuh pada AME bila ternyata pesawat yang akan dibawanya dinyatakan tidak layak terbang. 
Profesi ini berhubungan dengan memberikan pelayanan kepada customer yang akan menggunakan penerbangan, baik sebelum keberangkatan maupun saat tiba di tempat tujuan. Pelayanan yang dimaksud termasuk menangani bagasi penumpang, check in, loading dan unloading bagasi ke dan dari pesawat, termasuk juga menjual tiket. 
Untuk menjadi ground staff dibutuhkan pendidikan selama setahun di sekolah pendidikan yang hampir sama dengan pramugari atau flight attendant. Tugasnya termasuk sangat penting, karena memastikan semua penumpang masuk ke pesawat dan data mereka terekam cukup lengkap.

DIKLAT GRAOUND STAFF | AIRLINE STAFF 




DIKLAT GRAOUND STAFF | AIRLINE STAFF


No comments:

Post a Comment